PELAKSANAAN QURBAN SMK PETERNAKAN JUARA MTT SUBANG

Subang, 11 Agustus 2019, dalam rangka merayakan Hari Raya Iedul Adha 10 Dzulhijah 1440, SMK Peternakan Juara MTT Subang, mengadakann kegiatan diawali dengan bertakbir bersama semalam penuh bertempat di masjid Taman Surga, tidak terasa paginya setelah shalat subuh para siswa melakukan persiapan untuk melanjutkan sholat Iedul Adha, adapun yang bertindak sebagai Imam dan Khotib oleh Taufiqurohman siswa kelas XII, selesai melaksanakan shalat Iedul Adha, semua siswa mempersiapan diri untuk melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan Qurban.

Alhamdulillah di SMK Peternakan Juara MTT Subang, menyembelih 7 ekor domba, penyembelihan dilakukan oleh Bapak Warno selaku Wakasek Kesiswaan, pengurusan domba setelah disembelih dilakukan oleh siswa kelas X dan dibimbing oleh Kelas XII, seluruh siswa mempunyai tugas dan peran masing-masing.

Pembelajaran yang dapat diambil oleh siswa adalah sebagai siswa SMK Peternakan Juara MTT Subang, mampu melakukan penyembelihan, penyisitan dan pemisahan daging dari tulang dengan baik, selain itu diharapkan tumbuh jiwa siap berkurban menjaga kebersamaan dan menciptakan kebahagiaan dalam segala hal.

Adapun penyembelihan hewan Qurban di SMK Peternakan Juara MTT Subang adalah Qurban dari
1. Bapak Joko Agung Santoso 2 ekor domba
2. Bapak Kardi 2 ekor domba
3. Bapak Jaswar Jalani 1 ekor
4. BapakSaeful Rochman 1 ekor domba
5. Bapak Johan Zaeni Hidayat 1 ekor domba

SMK Peternakan Juara MTT Subang bekerja sama dengan Majlis Ta’lim Telkomsel sukses menyelenggarakan program Salam Qurban MTT dan Tebar Qurban MTT.
Salam Qurban MTT diikuti oleh 18 orang pengqurban sedangkan Tebar Qurban MTT diikuti oleh 26 orang. Total hewan Qurban sebanyak 44 ekor domba, telah didistribusikan kepada 15 lembaga DKM, Rumah Tahfidz dan Rumah Yatim Piatu mitra binaan SMK Peternakan Juara MTT Subang.
Hewan Qurban ini memberikan manfaat kepada lebih dari 1000 KK masyarakat disekitar sekolah yang tidak setiap tahun mendapatkan hewan Qurban

Berkurban sesuai dengan tujuan pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:
1. Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif siswa sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;
2. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku siswa yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;
3. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab siswa sebagai generasi penerus bangsa;
4. Mengembangkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan; dan
5. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan (Kemdiknas. 2011: 7).

Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa diidentifikasi dari sumber-sumber berikut ini.
Agama: masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama. Oleh karena itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. Secara politis, kehidupan kenegaraan pun didasari pada nilai-nilai yang berasal dari agama. Atas dasar pertimbangan itu, maka nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa harus didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama.

#Agustus
#IJF
#SMKPJSubang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *