Ujian Akhir Tahfidz Al-Qur’an SMK Peternakan Juara MTT

Disela-sela kesibukan dengan jadwal pengayaan materi Kejuruan/unbk , persiapan simulasi ujian akhir ke 2 dan lainnya, siswa kelas XII juga disibukkan dengan Ujian Akhir Tahfidz Al-Qur’an dengan mentasmi’kan 5 juz dari al-qur’an sebagai salah satu prasyarat kelulusan yang di mulai dari tanggal 21-25 Januari 2019.

Tepatnya pada senin, 21 Januari 2019 Ujian Akhir Tahfidz dimulai dengan pembukaan dari Koordinator Tahfidz, Bapak Asep Ali Nurdin, S.Pd.I yang menyampaikan peraturan dan syarat-syarat mengikuti ujian dan sedikit memberikan motivasi akan pentingnya memiliki hafalan mutqin, hal ini disampaikan untuk memacu siswa agar semangat dalam mengikuti rangkaian ujian tahfidz. Hari pertama ujian, seluruh siswa kelas XII mengikuti dengan penuh antusias dan semangat, Teguh Marwan adalah salah satu siswa yang menyampaikan bahwa saya baru merasakan ujian kali ini benar-benar serius dengan mentasmi’kan ayat demi ayat dengan targetan 5 juz lancar, saya akan berusaha dengan keras insyaallah, tuturnya. Alhamdulillah hari pertama berjalan dengan lancar dan baik dengan suasana mendung dan angin sepoi-sepoi membuat kami (penguji) semakin khusu’ dalam menyimak para peserta ujian.

Peserta ujian dibagi menjadi 4 kelompok dengan 4 penguji, masing-masing kelompok ada 1:5 sampai 1:6 pada tiap kelompoknya. Ujian ini dilaksanakan dengan cara setiap siswa menyetorkan hafalannya dengan sekali duduk minimal 1,5 juz – 5 juz sekali duduk dengan syarat lancar dan beberapa soal juga diajukan ke peserta ujian. Pengujinya antara lain, Wisnu, Al-Hafidz (kelompok 1) Ikhlasul a’mal, Al-Hafidz (kelompok 2) dan Eki, Al-Hafidz (kelompok 3) dari pesantren Al-Qur’an Ibnu Abbas yang telah lama menjadi mitra SMK Peternakan Juara dalam program Akselerasi menghafal Al-Qur’an 30 Juz dan Ust. Asep Ali Nurdin sebagai penguji di kelompok ke-4.

Harapannya, dengan adanya ujian akhir tahfidz ini siswa mendapatkan banyak manfaat diantaranya; memiliki hafalan lancar, bisa menjadi imam tanpa banyak kesalahan, menempuh jalur beasiswa hafidz untuk melanjutkan study dan lulus dari SMK peternakan Juara dengan predikat baik. (AAN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *