Profil Sekolah

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PETERNAKAN JUARA SUBANG

 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Peternakan Juara Subang adalah sekolah menengah kejuruan gratis berkualitas bagi para mustahik (penerima) zakat, infak dan sadaqah. Lahir sebagai usaha membantu pemerintah dalam rangka mencetak SDM yang kompeten di bidang peternakan untuk mensukseskan swasembada daging nasional.

Pendekatan pembelajaran yang dilakukan di SMK Peternakan Juara menekankan pada keterampilan/kompetensi Peternakan, sehingga 70% pembelajaran adalah praktek di lapangan dan 30% teori. Dengan format kurikulum seperti ini diharapkan dapat menghasilkan SDM yang kompeten dan ahli dibidang peternakan.

SMK Peternakan Juara mengambil konsep sekolah berasrama, dengan harapan bukan hanya mendidikan keterampilan dan pengetahuan siswa, namun diharapkan dapat membentuk sikap, mental dan jiwa mandiri pada diri siswa. Sekolah gratis, berasrama dan berkualitas merupakan konsep awal SMK Peternakan Juara untuk mencetak generasi peternakan yang tangguh, mandiri, krreatif, professional dan bermental juara. Selain keasramaan, SMK Peternakan Juara juga ingin menyeimbangkan pendidikan siswa dengan nilai relijiusitas yang tinggi. Kurikulum asrama mengadopsi kurikulum pesantren yang memadukan pengetahuan islam (tsaqofah islamyah) dengan pengamalan islam dalam kehidupan sehari-hari (amaliyah islamiyah yaumiyah). Para pendidikpun merupakan alumni dari kampus besar seperti IPB, UGM, UNPAD, UPI dan kampus lainnya.

Walapun gratis, kualitas pendidikan SMK Peternakan Juara Subang tidak kalah dengan sekolah umum dan sekolah swasta berbayar lainnya, terbukti dengan diraihnya beberapa macam prestasi oleh SMK Peternakan Juara Subang. Mengapresiasi prestasi siswa dan tujuan mulai sekolah, Majelis Taklim Telkomsel memberikan donasi untuk operasional SMK Peternakan Juara. Setiap siswa, oleh MT Telkomsel diberikan fasilitas seragam putih abu-abu, seragam batik, wearpack dan seragam olah raga, serta fasilitas lainnya.

Perjuangan mendirikan sekolah gratis berkualitas bagi masyarakat tidak mampu, seolah tanpa ujung. Namun berbagai pihak yang menginginkan perbaikan pendidikan di Indonesia juga tidak sedikit yang mendukung. Satu diantara pihak tersebut adalah Majelis Taklim Telkomsel. Sinergi yang harmonis antara RZ, Yayasan Indonesia Juara dan Majelis Taklim Telkomsel menghasilkan kesepakatan untuk mendirikan sekolah kejuruan gratis berkualitas. SMK Peternakan Juara MTT Subang.