Pecinta Alam SMK Peternakan Juara Raih JUARA 1 Lomba Lintas Alam Tingkat Jawa Barat

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Kampung Bamboo – pusat konservasi bamboo Inodesia yang beralamat di Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan lomba lintas alam dan konservasi lingkungan campling bersama, penanaman pohon dan dekalarasi satu suara tingkat Jawa Barat ke 2 tahun 2017 pada hari sabtu – minggu tanggal 11 – 12 November 2017.

Pada kesempatan tersebut, Pecinta Alam Jawara Wana salah satu Ekskul yang ada di SMK Peternakan Juara Subang mengambil memontum untuk terlibat menjadi peserta lomba lintas alam dan konservasi lingkungan. Sebelum berangkat melaksanakan lomba, semua anggota Pecinta Alam SMK dilakukan seleksi untuk menjadi peserta oleh Pak Edi Mardiana sebagai Pembina eksul Pecinta Alam, karena yang diberangkatkan hanya 1 regu sebanyak 5 orang. Sedang anggota pecinta alam ada 24 orang kelas X dan XI, mereka melakukan seleksi secara bertahap di sekolah dan akhirnya dipilih 5 orang, di antaranya Ifani kelas XI, Yusuf, Regi, Bima dan Hasbi yang kelas X.

Kelima siswa tersebut mewakili SMK Peternakan Juara untuk ikut lomba tersebut. Dalam perlombaan tersebut diikuti oleh 23 regu putra dan putri  dari berbagai daerah di Jabar memperebutkan piala bergilir Polda Jabar. Lomba yang dilakukan tidak hanya melintasi hutan, gunung dan pesawahan dengan harus melewati pos demi pos dengan berbagai perlombaan atau pertanyaan, tetapi ada juga lomba PBB (persatuan baris berbaris), ketangkasan berupa panahan, lempar pisau dan sumpit, silat dan outbound berubah flying fox. Selain itu, ada juga kegiatan penanaman pohon.

Kegiatan tersebut dimulai dari sabtu pagi, mendirikan tenda hingga malam kegiatan api ungun dan dilanjutkan lintas alam pada hari minggu pagi hingga siang siang. Pada sore hari, dilaksanakan penutupan dan pembagian hadiah. Alhamdulillah, SMK Peternakan Juara Subang mendapatkan peringkat Juara 1 putra, mengalahkan peserta yang lain dari berbagai daerah. Raih piala yang diberikan oleh panitia lomba lintas alam dan konservasi lingkungan.

Rasa capek, lelah dan letih yang dialami oleh peserta hilang saat pengumuman hadiah, mereka tersenyum dan bahagian, suatu pengalaman yang berharga dan bernilai bagi mereka yang menjadi peserta perwakilan SMK Peternakan Juara. (e/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *