Pupuk Organik Hayati (POH) Juara, Produk Baru Buatan SMK Peternakan Juara MTT Dengan Bimbingan Dari PPTTG LIPI Subang

SUBANG. Senin 13 November 2017 merupakan hari yang ditunggu oleh siswa SMK Peternakan Juara MTT Subang. Hari ini akan datang para peneliti dari Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna  (PPTTG) LIPI untuk berbagi ilmu mengenai pembuatan Pupuk Organik Hayati. Pupuk Organik Hayati (POH) merupakan pupuk yang mengandung mikroorganisme hidup yang ketika diterapkan pada benih, permukaan tanaman atau tanah akan mendiami rizosfer dan mendorong pertumbuhan dengan meningkatkan pasokan nutrisi utama tanaman. POH ini digunakan sebagai pupuk ramah lingkungan yang di masa depan diharapkan dapat menggantikan peran pupuk kimia yang selama ini digunakan masyarakat. Selai sebagai pupuk, POH juga dapat dijadikan boistarter untum pembuatan silase pakan ternak.
Kegiatan pelatihan ini memberikan pemahaman yang terintegrasi pada siswa mengenai pertanian secara makro. Bahwa peternakan adalah bagian dari pertanian dan memiliki peran yang saling menguatkan. Dengan demikiann pemahaman akan kewirausahaan peternakan juga akan semakin utuh.  Output yang ingin dihasilkan dari kegiatan ini adalah bahwa ada peluang wirausaha pembuatan POH, yang dapat diimplementasikan pada tanaman maupun pakan ternak. Selanjutnya siswa memperoleh pengayaan materi mengenai teknologi tepat guna, yang memberikan solusi bagi masyarkat dengan sumberdaya yang ada disekitarnya.
Siswa kelas 11 SMK Peternakan Juara MTT demikian antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini, bahkan sudah menjanjikan untuk mengadakan follow up dari kegiatan ini, berupa agenda pembuatan POH secara rutin selama 2 bulan sekali. Dengan praktik yang intensif, diharapkan siswa SMK Peternakan Juara MTT mampu memproduksi POH sendiri dan menjadikannya sebagai bahan baku wirausahanya.
“saya senang sekali dengann pelatihan membuat POH ini, saya jadi semakin yakin akann pilihan saya sekolah di SMK Peternakan Juara MTT dan saya sudah terbayang akan berwirausaha di bidang apa, mungkin membuat POH sebagai pakan ternak, terima kasih SMK Peternakan Juara MTT, terima kasih RZ, terima kasih MTT dan juga terima kasih PPTTG LIPI, in syaa Allah saya bias memperoleh masa depan yang lebih baik” ungkap Agus Maulana, siswa SMK Peternakan Juara MTT asal Garut . “Anak-anak demikian antusian, sungguh membuat kami senang, apalagi jika mengingat mereka akan segera karantina tahfizh, saya sangat mengapresiasi RZ, MTT dan SMK Peternakan Juara MTT yang mampu membangun sekolah yang luar biasa, mampu berwirausaha dan hafal Al Quran”  Tutur Ibu Nurhaidar Rahman seorang peneliti senior di PPTTG LIPI.

         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *