Bakso dan Nugget Ayam Juara dengan Bimbingan PPTTG LIPI Subang

SUBANG. Pada hari senin 6 November 2017, di tengah cuaca yang cerah di kampus SMK Peternakan Juara MTT Subang, dilaksanakan pelatihan pembuatan Bakso ayam dan Nugget ayam. Pelatihan ini dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013 revisi pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, dengan mengundang nara sumbeer dari Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) LIPI. Sebagai sekolah yang mengembangkan pendidikan kewirausahaan bagi siswanya, kegiatan KBM, pelatihan dan perlombaan akan dilaksanakan untuk melengkapi kemampuan siswa dalam membangun usaha sendiri. Semboyan menjadi sekolah pencetak Hafizh (hafal Al Quran) dan pengusaha, bukan hanya semboyan, tetapi juga didukung dengan langkah-langkah nyata. Pada saat ini juga sedang dilaksanakan program karantina tahfizh untuk kelas 12, dan kelas 11 melaksanakan pelatihan pembuatan bakso dan nugget ayam.

PPTTG LIPI Subang mengirimkan 2 penelitinya untuk menemani siswa SMK Peternakan Juara MTT membuat bakso dan nugget ayam. Ibu Siti Khudaifanny D.F.A.P, A.Md dan Bapak Antonius Sukarwanto menyampaikan teori dan praktik pembuatan bakso dan nugget ayam dengan sangat menarik, sehingga membuat siswa SMK Peternakan Juara MTT demikian bersemangat. Siswa-siswa dengan tekun menyimak dan ikut memprektikkan cara pengolahan daging ayam sehingga menjadi bakso dan nugget. Setiap tahapan pekerjaan dilaksanakan dengan baik dan antusias, di sela-sela praktik tampak siswa-siswa berdiskusi dengan para peneliti menanyakan berbagai hal. Kegiatan pelatihan pembuatan bakso dan nugget ayam ini memberikan inspirasi kepada siswa-siswa bahwa peluang wirausaha pasca sekolah demikian banyak. Dengan modal yang tidak besar, dapat memulai sebuah bisnis yang menguntungkan

‘siswa-siswa SMK Peternakan Juara MTT demikian antusias, kami sangat senang berbagi ilmu dan pengetahuan kami dengan generasi muda ini, apalagi melihat keinginan mereka untuk berwirausaha demikian tinggi, semoga pelatihan ini bermanfaat bagi siswa-siswa dan kerjasama PPTTG LIPI dengan SMK Peternakan Juara MTT dapat terus berlanjut dan ditingkatkan” demikian disampaikan Ibu Fanny (peneliti PPTTG LIPI). “Alhamdulillahm semoga dengan berjalannya pelatihan ini, minat siswa untuk menjadi wirausaha menjadi semakin kuat, dan SMK Peternakan Juara MTT akan memfasilitasi agar harapan anak-anak kami dapat terwujud, in syaa Allah” ujar Ipik Taufiq Kepala SMK Peternakan Juara MTT.

                                                  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *