Achievement Motivation Camp

Sabtu, 26 Januari 2019, selepas menghadiri seminar tahfidz Muhammad Al Fatih di Pondok Tahfidz Ibnu Abbas, semua siswa kelas XII SMK Peternakan Juara MTT Subang berangkat menuju lokasi Riung Liwet yang bertempat di Wisata Bukit Pamoyanan, Tanjungsiang. Kegiatan ‘Riung Liwet’ yang dikemas menjadi ‘Achievement Motivation Camp’ versi sederhana ini diadakan mulai Sabtu siang hingga Ahad pagi. Pada pukul 13.00, para siswa berangkat menggunakan mobil pick up milik salah satu guru disekolah.

Setelah mendaki selama 20 menit, akhirnya siswa kelas XII sampai ke puncak bukit Pamoyanan. Para LIAR’Z atau Liberator Akhir Zaman, nama kelas bagi siswa angkatan ke-4, langsung bekerja sama dengan baik dalam pembangunan tenda. Selesai pembangunan tenda, acara dibuka secara resmi oleh walikelas dan diteruskan dengan kegiatan sholat Ashar berjamaah dimusola dan persiapan makan sore secara berurutan. Dengan perlengkapan dan bahan sederhana mereka mempersiapkan segala keperluan selama di camp. Al-matsurah sore mengiringi waktu sore mereka yang dilanjut sholat Magrib dan Isya berjamaah.

Selepas Isya, kegiatan ‘Ngobrol Hangat’ menjadi pengisi waktu sembari menikmati langit malam yang menakjubkan. Selanjutnya kegiatan malam berupa‘Sharing’ bersama alumni angkatan ke-3 dan dipandu langsung oleh bu Wulandari Nurwanti, S.Pd., selaku walikelas sekaligus guru yang mendampingi. Kegiatan sharing yang diisi oleh Ade Cahyana, A’lam Nuryatna, Iin Nurhidayat, Ikbal Muhamad Rizki dan Junaedi mengusung tema pengalaman Kerja, Kuliah, Mengajar Tahfidz dan Bimbel Learning Camp. Sharing yang berlangsung dari pukul 20.30 hingga 23.00 pun berjalan dengan aktif dan komunikatif meskipun ditemani rintik hujan.

Qiyamul Lail bersama mengawali kegiatan para LIAR’Z dihari Ahad. Suasana pagi hari diisi dengan sesi foto kelas untuk persiapan Buku Tahunan Sekolah dan pembuatan video kelas. Udara pagi yang sejuk dan pemandangan pegungan yang memanjakan mata menambah suasana tentram dan hangat sesi foto kelas. Canda dan tawa mengiri setiap proses pengambilan foto. Menambah kedekatan satu sama lain sekaligus menghilangkan kepenatan setelah sebulan ini menjalani pengayaan UNBK dan tes Tahfidz 5 juz.

Muhammad Firman Maulana, salah satu siswa kelas XII mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka, selain sharing bersama alumni mengenai planning pasca lulus mereka juga dapat menikmati waktu kebersamaan kelas dan refreshing sekaligus. “Sering-sering kegiatan kelas seperti ini bu, jadi bisa berasa kumpul kelasnya sekalian refreshing juga” seru Ilham Musadi. Siswa lainpun menimpali dengan seruan senang sembari mempersiapkan makan sore.

Kegiatan ini diadakan untuk membangun hubungan kekeluargaan antara siswa kelas XII dan walikelas yang baru terjalin sejak Juli tahun lalu. Selain itu juga, dalam rangka pemberian motivasi persiapan menghadapi UNBK dan refresing setelah mereka menjalani tes tahfidz 5 juz selama sepekan. Meskipun dilaksanakan dengan budget yang sangat minim, Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Mudah-mudahkan kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana kedepannya dan bermanfaat bagi siswa kelas XII.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *